Tautan-tautan Akses

Berisiko bagi Keamanan Nasional, AS Larang Huawei, Penjualan Peralatan ZTE


Smartphone dengan logo Huawei terlihat di depan bendera AS dalam ilustrasi yang diambil pada 28 September 2021. (Foto REUTERS/Dado Ruvic)

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melarang disetujuinya peralatan baru telekomunikasi dari Huawei Technologies dan ZTE. Alasannya, peralatan itu "berisiko yang tidak dapat diterima" bagi keamanan nasional Amerika.

Komisi Komunikasi Federal Amerika (FCC) pada Jumat (25/11) mengatakan telah menyetujui aturan akhir, yang juga melarang penjualan atau impor peralatan buatan Dahua Technology Co, perusahaan China yang memproduksi peralatan pengintai, perusahaan video pengawas Hangzhou Hikvision Digital Technology, dan perusahaan telekomunikasi Hytera Communications Corp Ltd.

Hal tersebut merupakan tindakan keras terbaru Amerika terhadap raksasa teknologi China itu di tengah kekhawatiran bahwa Beijing akan menggunakan perusahaan teknologinya untuk memata-matai orang Amerika. "Aturan baru ini adalah bagian penting dari tindakan kami yang berkelanjutan untuk melindungi rakyat Amerika dari ancaman keamanan nasional yang melibatkan telekomunikasi," kata Ketua FCC Jessica Rosenworcel dalam pernyataan.

Huawei menolak berkomentar. ZTE, Dahua, Hikvision dan Hytera belum menanggapi permintaan komentar. [ka/pp]

Forum

XS
SM
MD
LG