Tautan-tautan Akses

Warga Kanada Hadapi Dakwaan Penyelundupan Narkoba di China


Kedutaan Kanada di Beijing, China, 14 Desember 2018. (Foto: dok).

Seorang warga negara Kanada akan diadili di China atas dakwaan penyelundupan narkoba pekan ini.

Sebuah portal berita yang dioperasikan pemerintah provinsi Liaoning, China timurlaut, mengumumkan, Rabu (27/12), pria yang diidentifikasi sebagai Robert Lloyd Schellenberg akan menghadapi dakwaan penyelundupan narkoba di sebuah pengadilan di Dalian, Sabtu.

Pernyataan tersebut mengatakan Schellenberg mengajukan banding atas keputusan pengadilan sebelumnya yang menyatakan ia bersalah karena terbukti menyelundupkan sejumlah besar narkoba ke China.

Sidang itu berlangsung sementara Beijing dan Ottawa terlibat dalam sengketa diplomatik terkait penahanan dua warga negara Kanada, mantan diplomat Michael Kovrig dan konsultan bisnis Michael Spavor. Keduanya ditahan sebelumnya bulan ini setelah Meng Wanzhou, CFO raksasa telekom Huawei Technologies, ditangkap di Vancouver pada 1 Desember.

Para pejabat mengatakan, Meng, putri pendiri Huawei, berbohong pada sejumlah bank mengenai penguasaan Huawei atas sebuah perusahaan berbasis di Hong Kong yang diduga menjual barang-barang AS ke Iran, sebuah tindakan yang dinilai melanggar sanksi AS terhadap Teheran. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG