Tautan-tautan Akses

China Desak Malaysia Atasi Masalah Proyek Infrastruktur Lewat Dialog


PM Malaysia Mahathir Mohamad saat diwawancarai The Associated Press di Putrajaya, Malaysia, 13 Agustus 2018.
PM Malaysia Mahathir Mohamad saat diwawancarai The Associated Press di Putrajaya, Malaysia, 13 Agustus 2018.

Pemerintah China mengatakan masalah yang dihadapi Malaysia terkait proyek-proyek infrastruktur miliaran dolar yang didukung China sebaiknya diselesaikan melalui perundingan yang bersahabat.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan ke kantor berita Associated Press (AP), Selasa (08/14) Kementerian Luar Negeri China di Beijing membela keputusan China untuk mempertahankan proyek-proyeknya di Malaysia. Pernyataan itu menyebutkan, proyek-proyek itu sama-sama menguntungkan kedua negara.

Sehari sebelumnya, Senin (08/13), PM Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan kepada AP dalam sebuah wawancara, Malaysia sedang mempertimbangkan untuk membatalkan proyek-proyek dukungan China yang disepakati pemerintah Malaysia sebelumnya yang tercemar skandal dan terlibat utang.

Mahathir mengatakan, ia ingin memelihara hubungan baik dengan China dan menyambut investasi Beijing sepanjang proyek-proyek itu menguntungkan Malaysia. Namun, ia menentang proyek saluran minyak dan proyek jalur kereta dukungan China di pantai timur semenanjung Malaysia. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG