Tautan-tautan Akses

Utusan Korsel akan Bertemu Penasihat Keamanan AS


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan Chung Eui-yong yang memimpin delegasi Korea Selatan, dalam foto yang dirilis kantor berita pemerintah Korea Utara (KCNA), 6 Maret 2018.

Dua utusan Korea Selatan, Kamis (8/3), akan berkunjung ke Amerika untuk bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional H.R. McMaster dan pejabat lain untuk membahas pertemuan pekan ini dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong UN, menurut pejabat Seoul dan Washington, Reuters melaporkan.

Kepala Kantor Keamanan Nasional Korea Selatan Chung Eui-yong dan Kepala Dinas Intelijen Suh Hoon juga akan bertemu beberapa pejabat lain dan mungkin kemudian bertemu dengan Presiden Donald Trump atau Wakil Presiden Mike Pence, menurut seorang pejabat pemerintahan Korea Selatan yang enggan disebut namanya.

Dikatakan, Chung sudah berbicara dengan McMaster melalui telpon seusai melakukan kunjungan ke Korea Utara pekan ini.

Kedua utusan Korea Selatan itu diduga akan memberikan taklimat kepada pejabat Amerika mengenai sikap Korea Utara terkait kemungkinan perundingan dengan Washington, dan kesediaannya menghentikan sementara uji coba nuklir jika keamanan Korea Utara dijamin.

Menteri Pertahanan Jim Mattis menjawab dengan berhati-hati ketika ditanya, Rabu (7/3), mengenai kemungkinan dialog dengan Korea Utara.

“Jelas kita merasa optimistis berhati-hati bahwa ada kemajuan,” kata Mattis kepada wartawan di Pentagon. “Tetapi kita pernah optimistis sebelumnya, jadi kita harus melihat apakah tindakan sesuai dengan ucapan,” kata Mattis menambahkan.

Ketegangan terkait program misil Korea Utara memuncak pada 2017. Pyongyang melanjutkan program senjata nuklirnya dengan mengabaikan resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB, sementara berlangsung perang retorika keras antara Kim dan Trump. [ds/my]

XS
SM
MD
LG