Tautan-tautan Akses

Pesan-pesan twitter palsu yang seolah-olah merupakan pernyataan Presiden AS Donald Trump ini disebarluaskan di situs jaringan media sosial China sebagai lelucon.

Di China, Twitter diblokir. Tetapi pernyataan-pernyataan palsu yang seakan-akan merupakan pernyataan Presiden Amerika Donald Trump di akun Twitternya @realdonaldtrump dan dipasang di suatu situs, menjadi sensasi terbaru di internet saat ini.

Warga dalam jumlah besar membuka situs untuk melihat pesan-pesan palsu yang dilengkapi dengan atribut twitter Trump. Salah satu pesan itu adalah @realdonaldtrump mengucapkan Selamat Tahun Baru China. Ucapan ini merujuk pada tahun baru yang akan dirayakan akhir pekan nanti.

Ada juga pesan yang mengolok-olok seperti @realdonaldtrump menilai Universitas Jiaotong Shanghai lebih baik dibanding kota saingannya. Atau @realdonaldtrump ingin membeli jianbing (sejenis makanan China) dan ingin Meksiko yang membayarnya; atau @realdonaldtrump band anak muda favorit saya adalah band Korea Selatan GOT7.

Jike – perusaaan rintisan di Shangkai yang memulai situs semacam itu – hari Kamis (26/1) mengatakan dalam waktu empat hari saja, para pengguna situs itu telah menciptakan lebih dari satu juta pesan twitter palsu di @realdonaldtrump dalam bahasa China dan Inggris, yang bahkan meniru gaya dan ciri khas Trump menggunakan “tanda seru”.

Pesan-pesan twitter palsu ini disebarluaskan di situs jaringan media sosial China sebagai lelucon, memasarkan barang-barang secara online dan mengirim pesan Tahun Baru China.

Pesan Twitter palsu Trump yang menyebar di media sosial mencerminkan bagaimana penggunaan Twitter oleh Trump telah merasuk dalam kesadaran warga di negara dimana Twitter telah diblokir selama bertahun-tahun. [em/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG