Tautan-tautan Akses

China Berikan Dukungan bagi Kim Jong-un dalam Pembicaraan dengan AS


Telvisi di South, Korea Selatan menyiarkan berita kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ke Beijing, China, Selasa (8/1).

Presiden China Xi Jinping memberikan dukungan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam pembicaraannya yang macet dengan Amerika soal senjata nuklir, dan menyatakan peran penting China dalam masalah itu, kata media resmi kedua negara.

Kim berkunjung selama dua hari ke Beijing dengan naik kereta api, dalam apa yang dilihat sebagai persiapan untuk pertemuan puncak kedua antara Kim dan Presiden Amerika Donald Trump.

Ketika bertemu dengan Trump di Singapura bulan Juni tahun lalu, Kim sepakat akan mengusahakan denuklirisasi Semenanjung Korea. Tapi tidak ada kemajuan setelah itu, karena Amerika dan Korea Utara punya pengertian berbeda tentang bagaimana hal itu akan dicapai.

Korea utara menginginkan dicabutnya semua sanksi Amerika yang dikenakan karena adanya program senjata nuklir dan program rudal balistik Korea Utara, sedangkan Amerika berkeras mempertahankan sanksi-sanksi itu sampai Korea Utara memusnahkan semua senjata nuklir dan misilnya.

China juga menghendaki supaya sanksi-sanksi itu diperlonggar dan Xi Jinping berharap Korea Utara dan Amerika akan bisa berkompromi, kata kantor berita China Xinhua.

Belum ada rencana yang pasti kapan dan dimana pertemuan kedua antara Trump dan Kim akan diadakan. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG