Tautan-tautan Akses

Dubes Korea Utara di Italia Mungkin Membelot


Kedutaan Korea Utara di Roma, Italia (foto: ilustrasi). Dubes Korut Jo Song Gil dilaporkan bersembunyi dan mungkin membelot.

Diplomat top Korea Utara di Italia dilaporkan bersembunyi bersama istrinya, menurut seorang anggota parlemen Korea Selatan, yang memperkuat kemungkinan pembelotan seorang pejabat senior Korea Utara.

Berita itu diperoleh dari Badan Intel Korea Selatan, yang memberi laporan kepada parlemen di Seoul pada hari Kamis (3/1). mengenai status pelaksana tugas duta besar Korea Utara untuk Italia itu, Jo Song Gil. Menurut laporan itu dia bersembunyi bersama istrinya pada November, sebelum penempatannya di Italia berakhir pada akhir bulan itu.

Pembelotan oleh salah seorang elit Korea Utara akan merupakan hal yang sangat memalukan bagi pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, di tengah upaya diplomasinya dengan Seoul dan Washington, saat ia berusaha untuk menggambarkan dirinya sebagai seorang pemain geopolitik.

Anggota parlemen Korea Selatan Kim Min-ki mengatakan, seorang pejabat dari Badan Intelijen Nasional Seoul (NIS) membagikan informasi itu saat memberi laporan tertutup. Kim tidak mengatakan apakah anggota badan intel itu mengungkapkan sesuatu tentang di mana keberadaan Jo saat ini atau apakah ia punya rencana untuk membelot ke Korea Selatan.

Menurut Kim, NIS mengatakan pihaknya belum dihubungi oleh Jo.

Menurut Kim, pejabat NIS itu mengatakan Jo dan istrinya meninggalkan kediaman resmi mereka pada awal November, beberapa minggu sebelum masa jabatannya berakhir. Kim mengatakan dia tidak bisa mengkonfirmasi apakah pejabat NIS itu mengungkapkan bahwa Jo dan istrinya membawa serta anak-anak mereka. [rw]

Recommended

XS
SM
MD
LG