Tautan-tautan Akses

China Bebaskan Seorang Aktivis Hak Asasi Terkemuka


Pada foto bertanggal 30 Maret 2013 ini, aktivis HAM China Xu Zhiyong berbicara dalam pertemuan di Beijing.

China telah membebaskan seorang aktivis hak asasi terkemuka dari penjara.

Xu Zhiyong dibebaskan hari Sabtu setelah menjalani 4 tahun hukuman penjara. Pengacaranya mengatakan Xu dalam keadaan sehat, tetapi tidak memberi keterangan lebih jauh.

Ia dinyatakan pengadilan bersalah tahun 2014 atas tuduhan mengorganisir "pertemuan illegal dengan tujuan menganggu ketertiban umum," tuduhan yang kabur, yang menurut para aktivis, telah digunakan untuk membungkam para pengeritik pemerintah.

Xu adalah salah seorang pendiri Gerakan Warga baru, jaringan yang longgar yang para anggotanya mengadakan protes damai di Beijing dan kota-kota lain, memperjuangkan hal-hal yang sesuai dengan sasaran yang dinyatakan sendiri oleh Partai Komunis.

"Gagasan Gerakan Warga Baru bukan untuk menggulingkan, tetapi menegakkan," tulis Xu dalam esai tahun 2010. "Gerakan itu bukan satu lapisan social yang menggantikan lapisan sosial lainnya, tetapi memungkinkan kebenaran mengambil tempatnya di China,” tulisnya.

Gerakan Warga baru menginspirasi orang di seluruh negara itu untuk berkumpul mengadakan pesta makan-malam untuk membicarakan masalah social dan kadang-kadang menggelar spanduk di tempat umum dalam rapat-rapat umum kecil. [gp]

XS
SM
MD
LG