Tautan-tautan Akses

China Batalkan Surat Izin 3 Media Besar AS


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang (foto: dok).

China hari Selasa (17/3) mengatakan akan membatalkan kredensial atau surat izin tiga organisasi berita utama Amerika dalam menanggapi pembatasan baru yang diterapkan oleh Amerika pada perusahaan media China.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan dalam rilis berita bahwa jurnalis Amerika yang dipekerjakan oleh New York Times, The Wall Street Journal dan Washington Post dengan kredensial pers yang dijadwalkan akan berakhir pada akhir tahun harus menyerahkan kredensial pers tersebut dalam 10 hari.

Kementerian itu mengatakan pencabutan itu adalah tanggapan yang diperlukan atas apa yang dikatakannya adalah penyalahgunaan media China tanpa tujuan baik.

China juga mengatakan operasi lima organisasi media Amerika yang berbasis di China harus menyerahkan informasi tertulis tentang penempatan staf, keuangan, dan real estat masing-masing di China.

Media-media yang telah diminta untuk mematuhi perintah itu adalah Voice of America (VOA), Washington Post, New York Times, dan Majalah Time.

Langkah-langkah China itu diambil sebagai tanggapan atas klasifikasi baru-baru ini oleh pemerintahan Trump mengenai lima organisasi media China sebagai misi asing dan membatasi jumlah warga China yang dapat bekerja untuk kelima media itu. [lt/ii]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG