Tautan-tautan Akses

China Ambil Tindakan Keras Terhadap Gereja


Seorang umat berdoa di Gereja Santo Yosef, gereja yang disetujui pemerintah China, di Beijing, 1 Oktober 2018.
Seorang umat berdoa di Gereja Santo Yosef, gereja yang disetujui pemerintah China, di Beijing, 1 Oktober 2018.

Ibadah di gereja pada Minggu di sebuah gereja sederhana di Taiwan menyentuh hati Liao Qiang. Ini adalah pertama kalinya ia beribadah lagi, sejak pihak berwenang menutup gerejanya di China tujuh bulan lalu.

Pria berusia 49 tahun itu tiba di Taiwan minggu lalu, setelah melarikan diri ke China bersama lima anggota keluarganya. Dia dan putrinya yang berusia 23 tahun, Ren Ruiting, menggambarkan mereka hidup di bawah pengawasan ketat selama tujuh bulan terakhir, setelah pihak berwenang menahan mereka dan puluhan anggota gereja mereka yang tidak disetujui pemerintah pada Desember.

Partai Komunis China yang berkuasa telah melakukan penumpasan luas terhadap semua lembaga keagamaan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk menghancurkan gereja dan masjid, melarang anak-anak Tibet belajar agama Budha dan memenjarakan lebih dari satu juta anggota etnis minoritas Islam, dalam apa yang disebut "pusat-pusat re-edukasi.''

Presiden dan pemimpin partai Xi Jinping memerintahkan bahwa semua agama harus “dengan pengaruh China'' untuk memastikan mereka setia kepada partai ateis yang resmi.

Sebaliknya, pemerintah Taiwan yang dipilih secara demokratis telah lama melakukan pendekatan lepas tangan terhadap agama di pulau itu, di mana sebagian besar rakyatnya memeluk agama Buddha dan kepercayaan tradisional China, tetapi agama Kristen dan agama lain juga berkembang. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG