Tautan-tautan Akses

Chili Akan Tampung Aktivis-Aktivis Perempuan Afghanistan


Fatima, perempuan Afghanistan yang meninggalkan rumahnya karena pertempuran antara Taliban dan personel keamanan Afghanistan, saat diwawancarai AP di sebuah kamp di pinggiran Mazar-e-Sharif, Afghanistan utara, Kamis, 8 Juli 2021. (AP Photo/Rahmat Gul)

Presiden Chili Sebastian Pinera, Rabu (18/8), mengatakan negaranya akan menampung sepuluh keluarga Afghanistan, yaitu para pembela hak-hak perempuan dan keluarga mereka – yang melarikan diri setelah Taliban mengambilalih negara itu pada Minggu (15/8).

Pinera mengatakan program menampung para aktivis perempuan itu dijalankannya bersama “Front Line Defenders,” satu organisasi yang mendukung para aktivis.

Presiden Sebastian Pinera di Santiago, Chili, 29 Januari 2020. (REUTERS/Edgard)
Presiden Sebastian Pinera di Santiago, Chili, 29 Januari 2020. (REUTERS/Edgard)

“Bersama organisasi ini kami akan menyambut dan menerima dengan tangan terbuka sekelompok kecil keluarga Afghanistan, sekitar 10 keluarga. Mereka adalah perempuan-perempuan yang mendedikasikan diri pada upaya melindungi dan mempertahankan hak-hak perempuan,” ujar Pinera.

Ditambahkannya, pemerintah Chili berkomitmen untuk melindungi para aktivis perempuan itu karena melihat pengalaman sebelumnya di mana pemerintah Taliban “bersikap sangat kejam terhadap perempuan.” Oleh karena itu Pinera mengatakan “kami memiliki solidaritas khusus, dan saya ingin mengatakan Chili akan membantu dan berkomitmen menolong perempuan-perempuan yang selama ini telah melindungi hak-hak perempuan di Afghanistan dan kini merasa terancam.” [em/jm]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG