Tautan-tautan Akses

Cerahkan Suasana Hati dengan Makanan Berwarna

  • Faiza Elmasry

Tumpukan sayur-sayuran dan buah-buahan di Doris Berry's Produce di Jackson, 15 Juli 2015.

Mengunyah sebatang cokelat mungkin membuat Anda merasa lebih baik saat sedang sedih, tapi mengonsumsi secangkir yogurt atau segenggam kacang mede mungkin pilihan yang lebih baik.

"Saya memikirkan tubuh kita dari beberapa sisi sama layaknya mesin mobil," kata terapis Leslie Korn. "Kita perlu memberikan bahan bakar yang tepat. Dan kita masing-masing memiliki kebutuhan akan kombinasi protein, karbohidrat dan lemak tertentu."

Korn telah merawat orang-orang yang menderita trauma dan depresi selama lebih dari 40 tahun. Dia memperhatikan bahwa ketika pasiennya mengubah makanan mereka dan mulai mengonsumsi makanan seperti coklat hitam (dark chocolate), ubi jalar, telur dan ceri, mereka lebih berhasil mengatasi depresi dan mengurangi rasa sakit mereka.

Dia mengubah hasil pengamatannya menjadi sebuah buku: The Good Mood Kitchen. Buku berisi tip resep dan nutrisi yang bisa membantu anda mendapatkan suasana hati yang baik.

Lemak untuk Otak

Lemak, Korn menjelaskan, bukanlah musuh bebuyutan untuk orang yang sedang diet dan harus dihindari. Kita membutuhkan lemak dalam makanan kita karena otak kita terdiri dari lemak. Lemak melumasi seluruh bagian otak untuk berkomunikasi di seluruh sinapsis dan memberi kemampuan untuk fokus, memberi perhatian dan memperbaiki Suasana hati, kata Korn.

Leslie Korn mengatakan buku barunya memberikan petunjuk bagaimana makanan bisa merugikan atau bisa mengobati pikiran.
Leslie Korn mengatakan buku barunya memberikan petunjuk bagaimana makanan bisa merugikan atau bisa mengobati pikiran.

Merawat sistem pencernaan yang memecah lemak, sangat penting bagi otak untuk memberi manfaat dan Korn juga memiliki saran untuk itu.

"Misalnya, jika hati dan kantong empedu Anda tidak berfungsi, Anda tidak bisa memecah lemak yang diserap ke dalam aliran darah dan kemudian mendukung fungsi otak. Yang kita tahu adalah sayuran hijau, khususnya sayuran pahit, membantu kita mencerna lemak dan mengirim lemak ke otak di mana kita membutuhkannya," kata Korn.

Diet Brainbow

Sayuran-sayuran adalah bagian dari apa yang disebut Korn sebagai makanan "Brainbow". Dia mengatakan bahwa warna dalam makanan mewakili nutrisi yang berbeda. "Makanan oranye dan kuning memberi anda memberi banyak vitamin A, banyak nutrisi penting. Ragam sayuran hijau sangat baik untuk pencernaan kita. Makanan ungu dan makanan merah berguna untuk anti-inflamasi. Makanan jenis ini adalah bit dan terong kami dan buah."

Daftar Makanan "Brainbow" juga mencakup:

Makanan merah: kubis merah, lobak, semangka

Makanan oranye: wortel, ubi jalar, jeruk, labu

Makanan kuning: lemon, pisang

Makanan hijau: kale

Makanan putih: bawang putih, bawang merah, kacang-kacangan

The Good Mood Kitchen, buku terbaru Dr. Leslie Korn
The Good Mood Kitchen, buku terbaru Dr. Leslie Korn

Makanan untuk Setiap Gejala

Terapis Korn mengatakan probiotik penting dalam mengobati depresi dan mengangkat suasana kita. Dia menyebut mereka "psikobiotik." Makanan probitik bisa ditemukan di yogurt dan makanan fermentasi.

Bagi orang-orang yang menderita PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), dia merekomendasikan makanan yang kaya minyak lemak Omega 3 seperti salmon, minyak biji rami dan kacang-kacangan.

Kakao dan coklat dikenal baik untuk memperbaiki fungsi kognitif otak.

Kafein membantu otak untuk fokus karena merangsang otak untuk melepaskan dopamin, pembawa pesan kimia yang membantu transmisi sinyal di otak dan daerah vital lainnya.

Ceri dan chamomile membantu otak melepaskan melatonin dan zat-zat kimia yang mengurangi gangguan kecemasan untuk membantu tidur nyenyak.

Makanan Pencerah Suasana Hati dari Seluruh Dunia

Setiap negara, kata Korn, memiliki makanan tertentu yang meningkatkan kesehatan mental. Dalam bukunya, dia menawarkan resep untuk mereka - asinan kubis segar dari Eropa Timur, Kimchi dari Korea dan Sup Miso dari Jepang. Pisang merupakan makanan yang populer di India, Meksiko dan negara-negara di Afrika dan Karibia. Good Mood Kitchen mencakup resep untuk Sup pisang raja.

"Pisang raja adalah pisang besar, sangat bertepung dan sedikit manis, dan saya menambahkan sedikit lemon, mentega dan bawang cincang, dan bawang putih, dan Anda membuatnya dengan kaldu sayuran atau kaldu ayam. Kemudian Anda menambahkan santan, dan dicampur. Dan kemudian menaburkan di atasnya dengan ketumbar, peterseli Cina dan bawang putih, kulit jeruk parut dan jus jeruk nipis. "

Ubi jalar akrab bagi orang di seluruh dunia. Dalam bukunya, Korn menawarkan resep sederhana untuk mempersiapkannya. "Tambahkan mentega, garam laut dan panggang. Ini bagus untuk mengurangi stres."

Bersantai dan Mencecap Rasa

Korn mengatakan karena mood mengikuti makanan, kita harus memperbaiki pencernaan kita untuk memperbaiki kesehatan mental kita. Dan karena stres dan hiperaktif memperlambat enzim yang dilepaskan tubuh kita untuk mencerna makanan, setelah Anda menyiapkan sajian yang dirancang untuk meningkatkan keseimbangan emosional Anda, penting untuk melambat, menarik beberapa napas dalam-dalam, bersantai dan menikmati makanan.

Resep-Resep Good Mood

Salmon Panggang

Taburi garam laut dan sedikit minyak zaitun pada salmon dan letakkan di atas selembar kertas kue. Panggang selama 10 menit pada suhu 350 derajat, lalu letakkan di bagian bawah oven minimal 5 menit. Awasi salmon. Harus merah muda di bagian dalam.

Saus Salad Yogurt Bawang Putih

½ -3/4 cangkir yogurt susu sapi atau kambing biasa

1 siung bawang putih kecil (cincang)

¼ sdt daun basil kering

½ sdm cuka sari apel

1/16 sdt bubuk stevia

1 sdt peterseli cincang segar

4 sdm mayones organik

Kocok semua bahan dalam mangkuk dan sajikan. [aa/fw]

XS
SM
MD
LG