Tautan-tautan Akses

CEO Uber Minta Maaf, Tapi akan Banding Dicabutnya Izin Uber di London


CEO Uber, Dara Khosrowshahi (foto: dok).

CEO Uber meminta maaf atas "kesalahan yang telah dibuat," tetapi menyatakan tetap akan mengajukan banding atas keputusan London mencabut izin pemesanan taksi itu untuk beroperasi di kota tersebut.

"Walaupun telah merevolusi cara orang bergerak di kota-kota di seluruh dunia, Uber telah melakukan kesalahan," ujar CEO Uber, Dara Khosrowshahi, dalam surat terbuka yang dirilis hari Senin.

Tetapi ia meyakinkan pelanggan bahwa ia akan melawan keputusan badan pengawas Transport of London (TfL).

Pejabat-pejabat transportasi London hari Jumat menyatakan tidak akan memperbarui izin Uber karena perusahaan itu dinilai kurang bertanggungjawab dalam menangani masalah keamanan aplikasi pemesanan taksi tersebut.

Pejabat-pejabat itu mengutip sikap Uber dalam melaporkan tindak pidana berat dan penggunaan teknologi "greyball", yang bisa digunakan untuk mencegah pihak berwenang mengakses aplikasi itu sepenuhnya.*

Airbnb pekan ini meluncurkan tur lokal dan pengalaman lainnya di New York City, antara lain “berbelanja sepatu yang tak terlupakan” bersama Sarah Jessica Parker, orang New York, disebut New Yorker, yang dikenal sebagai “aktor, produser, perempuan pengusaha dan bangga sebagai penduduk New York.''

Setiap peserta akan mendapat sepasang sepatu SJP Collection dari koleksinya di toko Bloomingdale's, dan diajak singgah ke cafe toserba Forty Carrots untuk menikmati yogurt beku sebelum menikmati balet.

Penawaran tur bersama Parker pada 6 Oktober itu akan disiarkan langsung Selasa pagi. Empat tempat bisa dipesan dengan harga masing-masing 400 dolar, siapa cepat dia dapat. Uang itu akan diserahkan kepada Ballet New York City, di mana Parker menjadi anggota dewan.

Tur bersama Parker adalah satu dari beberapa pengalaman khusus Airbnb yang ditawarkan di New York oleh selebriti untuk amal. Selebriti lain termasuk mantan pemain NFL Michael Strahan yang mengajak pelancong bermain golf di Chelsea Piers untuk menggalang dana bagi Rumah Sakit Anak St. Jude, dan aktor Ansel Elgort yang akan mengajak pelancong ke kawasan tempat tinggalnya di Brooklyn untuk menggalang dana bantuan bagi korban badai di Amerika.

Airbnb telah menawarkan pengalaman serupa di kota lain sejak November sebagai bagian dari platform perjalanan yang lebih besar.

Harga untuk pengalaman di lokasi lain berkisar antara kurang dari 10 dolar sampai lebih dari 100 dolar, tergantung lokasi dan apa yang ditawarkan. Pemilik rumah mendapat 80 persen dari biaya, sisanya untuk Airbnb. Tetapi untuk program pengalaman khusus, 100 persen uang yang masuk diserahkan untuk amal.

Airbnb utamanya dikenal sebagai rumah sewa untuk liburan di seluruh dunia. Pejabat di banyak kota mengecam perusahaan itu, dengan mengatakan bisnis penyewaan jangka pendek tersebut mengurangi pilihan perumahan jangka panjang untuk penduduk dan memaksa harga naik. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG