Tautan-tautan Akses

CDC: Makin Banyak Anak di AS Terjangkit Kelumpuhan Misterius


Dalam foto 2014 yang dirilis Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menunjukkan Enterovirus-D68. Para dokter menduga acute flaccid myelitis, penyakit yang menimbulkan kelumpuhan pada anak, mungkin terkait virus tersebut.

Jumlah kasus penyakit misterius yang menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak tercatat paling tinggi tahun ini, demikian dilaporkan Center for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC).

CDC memastikan 24 lagi kasus Acute Flaccid Myelitis, disingkat AFM, penyakit yang mirip polio, pada Senin (10/12). Dengan tambahan kasus baru, jumlah kasus AFM menjadi 158 kasus di 36 negara bagian tahun ini.

Pejabat-pejabat kesehatan Amerika masih belum tahu apa yang menyebabkan anak-anak yang terkena penyakit itu, kehilangan kemampuan menggerakkan wajah, leher, punggung, lengan, atau kaki. Gejala-gejala itu cenderung terjadi seminggu setelah anak mengalami demam dan penyakit pernafasan.

Kondisi itu mirip polio tetapi pejabat kesehatan mengatakan tidak ditemukan bukti bahwa AFM terkait polio, yang telah diberantas dari Amerika, setelah ada vaksin tahun 1950-an.

Yang mengkhawatirkan pejabat-pejabat itu adalah banyak anak yang lumpuh selamanya dan sebagian bahkan akhirnya dirawat di rumah sakit dalam unit perawatan intensif, dipasangi mesin untuk membantu mereka bernapas.

CDC melacak kasus AFM sejak Agustus 2014. Sejak itu, ada 484 kasus AFM yang sudah dikonfirmasi, menurut badan kesehatan itu.[ka]

XS
SM
MD
LG