Tautan-tautan Akses

AS

Calon Jaksa Agung AS Diperkirakan Peroleh Persetujuan Senat


Calon Jaksa Agung AS, Senator Jeff Sessions, saat memberikan keterangan di depan Komisi Senat AS di Washington DC 10 Januari lalu (foto: dok).

Senator Jeff Sessions, yang dicalonkan oleh Presiden Donald Trump untuk menjadi Jaksa Agung, diperkirakan akan mendapat persetujuan Komite Kehakiman Senat. Jika Sessions menerima persetujuan komite itu, keputusan akhir akan ditentukan dalam sidang paripurna Senat.

Senator Demokrat dalam komite itu cenderung menyatakan tentangan terhadap keputusan Presiden Trump mengenai imigrasi. Sessions memiliki reputasi mengambil posisi garis keras dalam kebijakan imigrasi. Dia telah memberikan saran kepada presiden mengenai isu ini.

Pada hari Senin (30/1), Presiden Trump memberhentikan penjabat sementara Jaksa Agung Sally Yates setelah ia mempertanyakan konstitusionalitas larangan sementara penerbitan visa bagi warga tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim dan menolak untuk menegakkan larangan itu.

Penolakan Yates itu terutama bersifat simbolis, mengingat bahwa Sessions kemungkinan besar akan mendukung kebijakan tersebut, jika ia dilantik seperti yang diharapkan. Jika Komite Kehakiman Senat menyetujui pencalonannya hari Selasa, pencalonan Sessions kemungkinan disetujui dalam sidang pleno Senat dalam beberapa hari mendatang. [lt]

XS
SM
MD
LG