Tautan-tautan Akses

AS

California Mulai Jual Ganja untuk Rekreasi Minggu Depan


Tanaman ganja yang ditanam secara ilegal di sebuah rumah di McKinleyville, California, 28 Agustus 2016. (Foto:Dok)

Penjualan mariyuana atau ganja untuk bersenang-senang di negara bagian California akan dimulai Senin, 1 Januari. Penjual ganja di San Diego akan merayakan hari itu dengan musik, pembagian baju kaos gratis dan mengajak konsumen untuk melihat bisnis mereka.

Tapi sampai Kamis (28/12) sore, pemerintah negara bagian California baru mengeluarkan 42 izin pedagang ritel. Sebanyak 150 permohonan izin masih diproses dan para pejabat mengatakan akan bekerja keras untuk menyelesaikan perizinan itu.

Kota Los Angeles dan San Francisco agaknya masih terlambat dalam mengeluarkan peraturan lokal, sehingga toko-toko ganja belum akan memulai usaha mereka secara resmi pada Senin.

Survei yang diadakan oleh lembaga jajak pendapat Gallup tahun ini menunjukkan 64 persen rakyat Amerika mendukung legalisasi mariyuana untuk bersenang-senang. Sebelum ini beberapa negara bagian termasuk California telah mengizinkan penggunaan ganja untuk pengobatan.

Resminya, peraturan pemerintah federal melarang penggunaan, pemilikan, penjualan, penanaman dan pengangkutan mariyuana di Amerika. Tetapi pemerintah federal juga mengatakan,pemerintah negara bagian boleh mengesahkan penggunaan mariyuana untuk pengobatan dan rekreasi, dengan syarat semuanya harus diatur dengan undang-undang.

Negara-negara bagian Amerika yang telah mengizinkan penggunaan mariyuana untuk pengobatan dan rekreasi adalah: Alaska, California, Colorado, Maine, Massachusetts, Nevada, Oregon, Washington dan Ibu Kota Washington DC. [Ap/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG