Tautan-tautan Akses

AS

California dan Colorado Hapus Terminologi “Alien” bagi Para Imigran


Frandlinson, 11, yang tergabung dengan kelompok migran dari Haiti, membawa barang bawaannya di kepalanya dalam perjalanan bersama migran lainnya di dekat Tapachula, Meksiko, pada 26 November 2021. Rombongan migran tersebut bergerak menuju AS. (Foto: Reuters/Jose Luis Gonzalez)

Negara bagian California dan Colorado tahun ini melarang lembaga dan institusi di negara bagian mereka untuk menggunakan kata “alien” atau “orang asing” guna merujuk pada imigran yang masuk ke Amerika Serikat tanpa izin.

Mereka yang mendukung perubahan itu mengatakan kata “alien” memiliki kesan merendahkan dan tidak manusiawi, dan dapat berdampak pada perlakuan terhadap para imigran.

Pemerintahan Biden telah mengambil langkah serupa untuk badan-badan federal. Namun istilah “alien” tetap digunakan secara luas di banyak negara bagian. Termasuk di Texas, di mana upaya legislatif untuk mengakhiri penggunaan kata “alien” baru-baru ini gagal.

Kata itu menjadi titik fokus perdebatan di beberapa negara bagian awal tahun ini karena melesatnya jumlah migran di perbatasan Amerika-Meksiko, dan menimbulkan reaksi keras dari Partai Republik. [em/pp]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG