Tautan-tautan Akses

Bus Jatuh ke Jurang di Filipina, 19 Tewas


Peta wilayah Filipina dan letak bandara internasional Aquino, Manila.
Peta wilayah Filipina dan letak bandara internasional Aquino, Manila.

Sebuah bus penumpang terjatuh ke jurang di sebuah kawasan yang terletak di sebelah selatan ibukota Filipina, Manila, menewaskan 19 orang dan mencederai 21 penumpang lainnya.

Pihak berwenang mengatakan, kecelakaan Selasa malam itu terjadi di kawasan pegunungan kota Sablayan, provinsi Occidental Mindoro.

Penyelidik kepolisian Alexis Go mengatakan, bus itu tampaknya kehilangan kontrol saat bergerak menyusuri jalan menurun di sebuah lereng. Menurut Go, seorang penumpang yang selamat mengatakan, ia mendengar supir berteriak tidak bisa mengendalikan rem bus itu, saat mendekati sebuah jembatan dalam kegelapan malam.

Bus itu sempat menghantam dinding batu penghalang di pinggir jalan dekat jembatan sebelum terlempar jatuh ke jurang yang dalamnya diperkirakan 15 hingga 20 meter. Kecelakaan itu menewaskan sopir bus dan kebanyakan penumpang yang duduk di barisan-barisan kursi terdepan.

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di Filipina karena lemahnya penegakan hukum, kondisi kendaraan yang buruk dan kurangnya fasilitas-fasilitas pengaman jalan, seperti rambu lalu lintas dan pemagar jalan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG