Tautan-tautan Akses

Pesawat AL AS Jatuh di Pasifik, Pencarian terhadap Awak yang Hilang Dilanjutkan


Pesawat Greyhound berbaling-baling ganda C20A jatuh ke laut sekitar 925 kilometer sebelah tenggara Okinawa, sewaktu sedang dalam misi rutin membawa penumpang dan kargo dari pangkalan Amerika di Jepang ke kapal induk USS Ronald Reagan, 22 November 2017.

Operasi SAR berlanjut, Kamis (23/11) bagi tiga awak yang hilang setelah sebuah pesawat transport Angkatan Laut Amerika jatuh sehari sebelumnya di bagian barat Samudra Pasifik.

Angkatan Laut menyatakan pesawat Greyhound berbaling-baling ganda C20A jatuh ke laut sekitar 925 kilometer sebelah tenggara Okinawa, sewaktu sedang dalam misi rutin membawa penumpang dan kargo dari pangkalan Amerika di Jepang ke kapal induk USS Ronald Reagan.

Disebutkan bahwa delapan orang diselamatkan sekitar 40 menit kemudian dan dibawa ke Reagan. Mereka dikabarkan dalam kondisi baik.

Beberapa kapal dan pesawat Angkatan Laut Amerika dan Jepang sejauh ini telah menyisir kawasan beradius lebih dari 320 mil laut dalam upaya pencarian mereka.

Belum ada penjelasan segera mengenai kecelakaan itu dan Angkatan Laut menyatakan insiden itu sedang diselidiki.

Presiden Amerika Donald Trump, di tempat peristirahatan Mar-a-Lago di Florida untuk liburan Hari Bersyukur, menyebutkan dalam cuitan di Twitter bahwa ia memantau situasi.

Kapal induk Reagan sedang beroperasi di Laut Filipina sebagai bagian dari latihan gabungan dengan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang. Ini merupakan bagian dari 10 hari latihan yang dirancang untuk meningkatkan kesiagaan pertahanan dan interoperabilitas dalam maneuver di udara dan laut, antara kedua negara. [uh/ab]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG