Tautan-tautan Akses

AS

Burung Nuri Kepala Merah, Imigran Gelap AS yang Tak Picu Keributan


Burung Nuri kepala merah yang berasal dari kota Tamaulipas, Meksiko dan banyak djual sebagai hewan piaraan di wilayah California, AS.

Kontroversi tentang imigran dan kebijakan imigrasi Amerika masih terus berkecamuk, dipicu oleh Presiden Trump yang menginginkan dibangunnya tembok di perbatasan dengan Meksiko.

Tapi ada imigran gelap lainnya yang masuk ke Amerika tanpa banyak ribut dan malahan telah dijadikan penduduk resmi di negara bagian California.

Imigran gelap itu berasal dari Tamaulipas, Meksiko dan banyak diburu secara gelap dan dijual di Amerika sebagai hewan piaraan. Kini, burung nuri berkepala merah itu telah menjadi bagian ekosistem di California selatan.

Seekor burung Nuri kepala merah hinggap di sebuah atap rumah di San Diego, California (foto: dok).
Seekor burung Nuri kepala merah hinggap di sebuah atap rumah di San Diego, California (foto: dok).

Sebagian dari burung itu terlepas atau dilepaskan ke alam bebas oleh pemiliknya dan kini jumlah mereka terus bertambah di kawasan itu.

Kata Ursulla Heise dari Universitas California di Los Angeles, “burung-burung itu tampak senang hidup di kota-kota besar seperti di Pasadena dan Los Angeles bagian timur.” Katanya burung-burung itu hidup dengan makan buah atau biji-bijian dari pohon-pohon yang juga bukan asli California.

Kini burung nuri berkepala merah itu tercatat dalam California Birds Records Committee sebagai burung asli di California. (ii)

XS
SM
MD
LG