Tautan-tautan Akses

Bursa Saham Kembali Bergairah di Eropa dan Asia


Saham-saham di Tokyo, China, dan Eropa naik ke level tertinggi dalam dua bulan, Senin (1/7).

Bursa saham di Asia dan Eropa menguat sebagai tanggapan atas hasil pertemuan akhir pekan yang sangat dinanti-nantikan antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Donald Trump. Para analis mengatakan pertemuan itu telah membantu meredakan ketegangan dan menghidupkan kembali pembicaraan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut, tetapi mencapai kesepakatan masih merupakan prospek yang penuh dengan ketidakpastian.

Saham-saham di Tokyo, China, dan Eropa naik ke level tertinggi dalam dua bulan, Senin (1/7) ketika media pemerintah di China menyambut baik hasilnya, yang menurut mereka menempatkan fokus kembali pada dialog dan menjauhkan diri dari ancaman dan kontra-ancaman.

Pada hari Sabtu, Presiden Trump menawarkan konsesi, dengan setuju untuk tidak memaksakan pemberlakuan tarif tambahan yang akan mencakup lebih dari $300 miliar pada barang-barang dari China, sebuah langkah yang memicu reaksi balik dari perusahaan-perusahaan di dalam negeri. Dia juga menawarkan untuk mengurangi beberapa pembatasan pada penjualan komponen buatan Amerika ke perusahaan teknologi China, Huawei.

China telah berjanji untuk membeli apa yang dikatakan oleh Trump di Twitter sebagai “sejumlah besar produk pertanian dari para petani kita yang hebat.” Namun, Beijing tidak membuat komitmen mengenai daftar hitam yang dikatakan akan segera diluncurkan sebagai tanggapan terhadap larangan pemerintah Amerika terhadap penjualan Huawei di Amerika. [lt]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG