Tautan-tautan Akses

Buntut Tewasnya Wartawan, Investor Asing Jual Saham Saudi Besar-besaran


Seorang pialang memperhatikan harga-harga saham yang jatuh di monitor di bursa efek di Riyadh, Saudi Arabia (foto: ilustrasi).

Pihak asing menjual saham Saudi dengan nilai bersih 4,01 miliar riyal (sekitar $1,07 miliar) di dalam pekan yang berakhir pada 18 Oktober, menurut data bursa pada hari Minggu - salah satu aksi jual terbesar sejak pasar dibuka untuk pembelian asing langsung pada pertengahan 2015.

Aksi jual ini terjadi selama seminggu dimana para investor terguncang oleh hubungan Arab Saudi yang memburuk dengan sejumlah pemerintah asing menyusul hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi.

Riyadh mengatakan pada hari Sabtu bahwa Khashoggi tewas dalam perkelahian di dalam konsulatnya di Istanbul. Ini adalah pengakuan pertama atas kematian Khashoggi setelah menyangkalnya selama dua minggu.

Rincian data bursa itu menunjukkan orang asing menjual saham senilai 5 miliar riyal dan membeli saham senilai 991,3 juta.

"Pasar mulai memperhitungkan hubungan antara Arab Saudi dan AS dengan cara yang berbeda secara fundamental," kata Jaap Meijer, kepala riset ekuitas Arqaam Capital. [as]

XS
SM
MD
LG