Tautan-tautan Akses

Bulan Purnama Picu Gelombang Pasang di Anyer dan Lampung Selatan


Erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, 21 Juni 2018. (Foto: BNPB).

Warga masyarakat di sekitar Pantai Anyer dan Lampung Selatan, Sabtu malam (22/12) dikejutkan dengan gelombang pasang yang cukup besar dan kencang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam pernyataan tertulis yang diterima VOA mengatakan berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika BMKG bahwa tidak ada gempa besar yang dapat membangkitkan tsunami, baik gempa di sekitar Selat Sunda maupun di Samudera Hindia; maka “fenomena yang ada saat ini bukan tsunami.” Fenomena ini merupakan gelombang pasang, apalagi saat ini bulan purnama sehingga permukaan air laut naik.

BNPB juga mengukuhkan bahwa fenomena gelombang pasang ini tidak ada hubungannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau, yang memang sempat mengalami erupsi Sabtu pagi.

Secara terpisah BMKG mengatakan pengamatan sementara menunjukkan terjadinya tsunami setinggi 0,9 meter di Serang. Sementara tsunami dengan ketinggian antara 0,28 meter hingga 0,35 meter terjadi di Pelabuhan Panjang, Kota Agung Lampung dan Banten; dan “peristiwa ini tidak disebabkan oleh aktivitas gempa bumi tektonik.”

Kedua badan berwenang itu mengimbau masyarakat tetap tenang dan menggunakan sumber-sumber resmi untuk mendapatkan informasi. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG