Tautan-tautan Akses

AS

Brett Kavanaugh akan Hadapi Sidang Konfirmasi Menjadi Hakim Agung AS


Hakim Brett Kavanaugh dinominasikan oleh Presiden Trump sebagai Hakim Agung AS.

Sebuah panel Senat Amerika hari Selasa (4/9) akan memulai sidang dengar pendapat untuk konfirmasi pencalonan hakim pengadilan banding federal Brett Kavanaugh ke Mahkamah Agung, penunjukan penting seumur hidup yang oleh Presiden Donald Trump diharapkan akan memperkuat mayoritas konservatif di Mahkamah Agung selama bertahun-tahun mendatang.

Kavanaugh akan menghadapi pertanyaan sulit dari para senator di Komite Kehakiman Senat tentang pandangannya mengenai berbagai isu, termasuk aborsi, wewenang penyelidik khusus untuk menyelidiki Trump dan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016, konflik antara keyakinan agama dan hak-hak kaum gay, kontrol lingkungan dan banyak isu lainnya.

Gedung Putih berharap sidang lengkap Senat akan mengkonfirmasi Kavanaugh, 53 tahun, menjadi salah seorang dari sembilan hakim di Mahkamah Agung pada bulan September nanti, untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pensiunnya Hakim Agung Anthony Kennedy ketika mahkamah memulai tahun kerja baru pada tanggal 1 Oktober mendatang.

Pemungutan suara di Senat untuk konfirmasi Kavanaugh diperkirakan akan ketat, karena Partai Republik memegang mayoritas tipis 50-49 dengan kematian Senator Republik John McCain dari Arizona. Tapi Gubernur Arizona Doug Ducey diwajibkan menurut undang-undang negara bagian untuk mengangkat seorang pengganti McCain dari Partai Republik dan dia mengatakan akan melakukannya dalam beberapa hari mendatang.

Jika semua 51 senator Partai Republik mendukung Kavanaugh, ia akan menjadi hakim agung ke-114.

Sejauh ini, tidak ada senator Partai Republik yang mengatakan akan menolak pencalonan Kavanaugh dan tidak ada senator Demokrat yang mengatakan akan mendukungnya. [lt]

XS
SM
MD
LG