Tautan-tautan Akses

Brazil Minta WTO Selidiki Perdagangan Unggas di Indonesia


Ribuan ayam di sebuah peternakan di Bogor, 27 Juli 2012. (Foto: Enny Nuraheni/Reuters)

Pemerintah Brazil secara resmi meminta Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk membuka panel guna menyelidiki kebijakan Indonesia terhadap ekspor unggas Brazil, Kementerian Pertanian Brazil mengatakan pekan lalu.

Seperti dilaporkan Reuters, Brazil memenangi kasus melawan Indonesia di WTO pada 2017. Tapi negara Amerika Selatan itu mengklaim Indonesia tidak pernah menerapkan keputusan WTO itu dan terus memblokir impor ayam dari perusahaan Brazil.

Brazil tidak diperbolehkan mengekspor unggas ke Indonesia karena tidak memiliki sertifikasi sanitasi internasional yang harus dikeluarkan oleh Indonesia.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertanian Brazil mengatakan tim inspeksi dari Indonesia mengunjungi pabrik pengolahan daging di Brazil tahun lalu, namun belum merilis dokumen apa pun mengenai kunjungan inspeksi tersebut.

“Peraturan WTO mengatakan sebuah negara tidak bisa menunda tanpa jangka waktu yang jelas penerbitan surat otorisasi sanitasi,” kata kementerian itu. Kementerian Pertanian Brazil menambahkan bahwa pemerintah Indonesia tidak pernah menyebutkan alasan mengapa belum mengeluarkan surat tersebut.

Brazil, eksportir unggas terbesar di dunia, mengatkan permintaan untuk membuka panel akan dievaluasi oleh Badan Penyelesaian Sengketa WTO dalam rapat pada 24 Juni. [ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG