Tautan-tautan Akses

Bom Taliban Tewaskan Jenderal Afghanistan


Pasukan khusus Afghanistan berjaga-jaga di lokasi ledakan bom mobil bunuh diri yang menewaskan setidaknya empat orang, di pinggiran Kabul, Afghanistan, Kamis, 12 September 2019. (Foto: AP)

Para pejabat di Afghanistan selatan mengatakan sebuah ledakan bom, Sabtu (30/11), menewaskan seorang komandan militer senior dan melukai sedikitnya tiga orang lainnya, termasuk seorang jurnalis setempat.

Sementara itu, sebuah serangan yang diduga dilancarkan pesawat tak berawak di sebelah tenggara negara itu dikatakan telah menewaskan sedikitnya enam warga sipil, termasuk seorang bayi yang baru lahir.

Taliban mengklaim tanggung jawab pemboman pinggir jalan di provinsi Helmand, dimana sebagian besar distriknya dikendalikan atau dipengaruhi oleh kelompok pemberontak itu.

Juru bicara provinsi mengatakan kepada VOA, Jenderal Zahir Gul Muqbil, komandan unit perbatasan angkatan darat, sedang dalam perjalanan ke distrik Marjah yang bergejolak bersama dengan sekelompok wartawan untuk mengunjungi operasi anti-pemberontakan saat sebuah bom pinggir jalan meledak mengenai konvoinya.

Mohammad Zaman Hamdard mengatakan jenderal itu sedang mengarahkan operasi militer. Dia menambahkan tiga petugas keamanan dan seorang reporter Shamshad TV Afghanistan, termasuk diantara korban luka.

Sebuah pernyataan Taliban mengatakan serangan itu juga menewaskan dua pengawal Muqbil, meskipun klaim-klaim pemberontakan sering dilebih-lebihkan. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG