Tautan-tautan Akses

Bom Pinggir Jalan Tewaskan 3 Pekerja Irak di Fallujah


Peta Irak berikut letak beberapa kota besar: Mosul, Tikrit, Beiji, Kirkuk, Karbala, Fallujah, Baghdad.

Polisi mengatakan tiga pekerja Irak tewas akibat ledakan bom pinggir jalan di kota Fallujah, Irak Barat.

Ledakan itu terjadi Selasa (26/2), ketika sebuah kendaraan yang mengangkut sejumlah pegawai konstruksi melintasi distrik Naimiya. Tiga pekerja konstruksi lain dilaporkan terluka akibat ledakan itu.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Baghdad menyatakan berhasil mengalahkan ISIS pada akhir 2017, menyusul perang selama tiga tahun yang berakhir dengan pembebasan Mosul, kota terbesar kedua di Irak.

Namun, militer Irak, terus menggelar operasi untuk memberantas sisa-sisa militan ISIS, yang menurut para pejabat masih aktif di beberapa wilayah di negara itu.

Kelompok ekstremis ISIS mengklaim telah melakukan sejumlah serangan dalam beberapa pekan terakhir. [ab]

a0573 AP UN-Yemen

Konperensi Donor PBB untuk Yaman Galang Janji Bantuan $2,6 Miliar

----------------------------------

Sekjen PBB Antonion Guterres mengatakan, bantuan yang dijanjikan untuk usaha kemanusiaan di Yaman pada tahun ini telah mencapai 2,6 miliar dolar. Besarnya bantuan itu – yang terutama berasal dari Uni Emirat Arab dan Arab Saudi – meningkat 30 persen dari jumlah yang berhasill digalang pada konperensi donor yang sama tahun lalu.

Yaman yang sedang dikoyak perang saat ini menghadapi krisis kemanusiaan paling parah di dunia. Sekitar 26 juta -- atau 80 persen – penduduknya membutuhkan bantuan dan perlindungan. PBB menyelenggarakan konperensi donor di Jenewa, Selasa, untuk mengusahakan bantuan sebesar 4 miliar dolar dari negara-negara anggotanya untuk bantuan kemanusiaan di Yaman.

Sejumlah pejabat PBB mengatakan, mereka mulai kehabisan dana dalam membantu Yaman yang saat ini menghadapi berbagai kesulitan terkait perang, termasuk sistem layanan kesehatan yang buruk dan langkanya lapangan pekerjaan. Apalagi, menurut mereka, Yaman masih kesulitan bangkit dari dampak buruk wabah kolera pada 2017.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah partisipan aktif dalam konflik itu. Mereka memimpin kolisi dukungan Barat yang menyokong pemerintah Yaman dan menentang para pemberontak dukungan Iran yang dikenal sebagai Houthi. (ab)

XS
SM
MD
LG