Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri Tewaskan Enam Warga Sipil Afghanistan


Pasukan Afghanistan berjaga-jaga di lokasi bom bunuh diri di kota Jalalabad, Kabul timur, 3 Desember 2017.

Ledakan bunuh diri menewaskan sedikitnya enam warga sipil di Afghanistan timur hari Minggu dan melukai 13 lainnya.

Pengebom tersebut mengendarai sepeda motor dan tampaknya ingin mencapai tempat demonstrasi pro-pemerintah besar-besaran di Jalalabad, ibukota provinsi Nangarhar. Namun pasukan keamanan Afghanistan mencegatnya jauh dari lokasi tersebut, sehingga dia meledakkan bom yang diikat ke tubuhnya.

Juru bicara pemerintah provinsi, Attaullah Khogyani, membenarkan jatuhnya korban-korban tersebut, dan mengatakan kepada VOA seorang perempuan dan seorang anak termasuk di antara korban tewas. Belum ada klaim tanggung jawab atas kekerasan tersebut.

Serangan tersebut terjadi sehari setelah seorang penyerang bunuh diri menewaskan dua anggota pasukan keamanan Afghanistan di Jalalabad dan melukai 10 lainnya. ISIS mengaku bertanggung jawab atas kekerasan tersebut.

Kelompok teroris yang berbasis di Timur Tengah tersebut menyebut operasinya di Afghanistan IS-Khorasan Province (IS-KP) dan belakangan ini meningkatkan serangan di negara tersebut, menewaskan sejumlah orang. Kelompok ini aktif terutama di beberapa distrik di Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan.

Hari Sabtu, Presiden Ashraf Ghani mengatakan militan ISIS sedang kocar-kacir di Afghanistan dengan meningkatnya serangan udara dan darat terhadap kelompok teroris tersebut. [as/ii]

XS
SM
MD
LG