Tautan-tautan Akses

Bolsonaro Puji Elon Musk Usai MA Brazil Umumkan Penyelidikan 


Mahkamah Agung Brazil menjadikan Elon Musk sebagai salah seorang target penyelidikan kasus penyebaran berita palsu.
Mahkamah Agung Brazil menjadikan Elon Musk sebagai salah seorang target penyelidikan kasus penyebaran berita palsu.

Mantan Presiden Brazil Jair Bolsonaro menyebut Elon Musk sebagai "simbol kebebasan" setelah hakim Mahkamah Agung Brazil menjadikan Musk sebagai salah seorang target penyelidikan kasus penyebaran berita palsu dan memulai investigasi terpisah terhadap miliuner AS itu atas dugaan upaya menghalang-halangi penegakan hukum.

Dalam putusannya, Hakim Alexandre de Moraes menyatakan bahwa Musk pada hari Sabtu (6/4) memulai “kampanye disinformasi” secara terbuka terkait tindakan mahkamah agung, dan bahwa keesokan harinya Musk meneruskan kampanye itu – terutama dengan pernyataan bahwa perusahaan media sosialnya, X, tidak akan mematuhi perintah mahkamah untuk memblokir beberapa akun.

Musk, CEO Tesla dan SpaceX yang mengambil alih Twitter pada akhir 2022, menuduh de Moraes membungkam kebebasan berpendapat dan melanggar konstitusi Brazil, dan menyatakan di X bahwa para pengguna dapat mengakali penutupan akses X dengan menggunakan VPN, atau jaringan pribadi virtual.

“Kebebasan kita hari ini sebagian besarnya berkat dia,” kata Bolsonaro tentang Musk.

Musk akan diselidiki atas dugaan instrumentalisasi kriminal yang disengaja oleh X sebagai bagian dari penyelidikan terhadap jaringan orang-orang yang dikenal sebagai milisi digital, yang diduga menyebarkan berita palsu yang mencemarkan nama baik sekaligus menyebarkan ancaman terhadap para hakim MA Brazil, menurut teks keputusan tersebut.

Investigasi baru itu akan menyelidiki apakah Musk terlibat dalam upaya menghalang-halangi penegakan hukum, (memfasilitasi) organisasi kriminal dan penghasutan.

Menanggapi postingan yang menyoal penyelidikan terhadapnya, Musk menyindir balik de Moraes, “Katakan pada saya, Alexandre, apakah ada disinformasi di sini?” [rd/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG