Tautan-tautan Akses

Bolsonaro Perintahkan Tentara Brazil Padamkan Kebakaran Amazon 


Warga suku Mura, penduduk asli hutan Amazon, Brazil, salah satu suku yang terkena dampak kebakaran hutan di sana.

Presiden Brazil Jair Bolsonaro hari Jumat (23/8) memerintahkan tentara untuk berusaha memadamkan kebakaran hebat yang melanda kawasan kuas hutan Amazon.

Pasukan pemerintah itu akan mulai dikerahkan hari Sabtu (24/8) ke daerah perbatasan, kawasan-kawasan penduduk asli dan kawasan lainnya yang terdampak di hutan Amazon, untuk memadamkan kebakaran selama satu bulan.

Dekrit yang dikeluarkan Bolsonaro mengatakan, tentara akan bekerja sama dengan dinas keamanan publik dan badan-badan perlindungan lingkungan.

Ia sebelumnya menyebut hutan Amazon itu sebagai perintang bagi pembangunan ekonomi, dan bertengkar dengan para pengecamnya yang mengatakan hutan Amazon penting karena menghasilkan 20 persen oksigen yang dibutuhkan manusia dan bisa meredam pemanasan global.

Demonstran berkumpul dimuka kantor-kantor kedutaan dan perwakilan Brazil di Paris, London, Jenewa dan Bogota untuk mendesak supaya Brazil melakukan lebih banyak untuk memadamkan kebakaran hutan itu

Hari Jumat sebuah pesawat supertanker Boeing-747 milik amerika tiba di Bolivia untuk mulai memadamkan kebakaran di sejumlah hutan lindung. Pesawat itu bisa membawa 76.000 liter bahan kimia peredam api. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG