Tautan-tautan Akses

Boeing Laporkan Penurunan Jumlah Pesanan Pesawat Komersial Tahun Lalu


Pesawat Boeing 737 Max di pabrik Boeing Seattle, Washington. Boeing 737 Max masih belum diizinkan untuk terbang hingga saat ini.
Pesawat Boeing 737 Max di pabrik Boeing Seattle, Washington. Boeing 737 Max masih belum diizinkan untuk terbang hingga saat ini.

Boeing hari Selasa (14/1) melaporkan penurunan pesanan pesawat komersial pada tahun 2019 dan jumlah penjualan yang jauh lebih rendah akibat krisis 737 MAX yang berlarut-larut sangat membebani operasi perusahaan itu.

Pesanan pesawat perusahaan penerbangan itu turun 87 untuk tahun 2019 setelah pembatalan beberapa pesanan baru untuk MAX, yang pengoperasiannya dibatalkan sejak Maret setelah dua kecelakaan mematikan.

Selain pembatalan, sebagian penurunan pesanan juga karena pelanggan "mengganti" MAX dengan jumlah pesanan yang lebih kecil untuk pesawat 787 "Dreamliner" yang lebih besar.

Boeing hanya menjual 380 pesawat untuk tahun 2019, kurang dari separuh jumlah pada tahun sebelumnya.

Boeing bulan lalu mengumumkan penangguhan produksi MAX sementara menunggu persetujuan badan pengawas penerbangan untuk pembenahan pesawat itu lebih lanjut setelah kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Airlines yang merenggut 346 nyawa.

Boeing telah membuat dan menyimpan ratusan pesawat baru MAX sejak operasi pesawat itu ditangguhkan secara global tahun lalu. (ka/jm)

Recommended

XS
SM
MD
LG