Tautan-tautan Akses

AS

Boeing akan Hentikan Produksi Pesawat 737 MAX pada Januari


Fasilitas produksi pesawat Boeing 737 MAX di Renton, Washington (foto: dok).

Boeing Co. hari Senin (16/12) mengatakan akan menghentikan untuk sementara waktu produksi pesawat jenis 737 MAX – yang sudah dilarang terbang – pada Januari mendatang. Boeing mengalami kesulitan untuk memperoleh persetujuan dari pihak berwenang AS agar larangan terbang pesawat jenis 737 MAX dapat segera dicabut.

Perusahaan yang berkantor di Chicago itu mengatakan produksi di pabrik di Renton, Washington, di dekat Seattle, itu akan dihentikan. Pabrik itu mempekerjakan 12.000 orang.

Boeing menegaskan bahwa pihaknya tidak berharap harus memberhentikan pekerja-pekerjanya sebagai akibat penghentian produksi “saat ini.”

MAX adalah jenis pesawat jet Boeing yang paling penting, tetapi telah dilarang terbang sejak Maret lalu setelah dua kecelakaan – di Indonesia dan Ethiopia – yang secara keseluruhan menewaskan 346 orang.

Sebelumnya saham Boeing anjlok empat persen sebelum pembukaan pasar saham karena laporan bahwa perusahaan itu mungkin akan memangkas produksi atau bahkan mengakhiri sama sekali pesawat MAX 737 yang bermasalah itu.

Suratkabar Wall Street Journal hari Minggu (15/12) melaporkan bahwa dewan Boeing mempertimbangkan pilihan-pilihan itu dalam beberapa pertemuan yang dilangsungkan sepanjang akhir pekan dan berlanjut hingga hari Senin. WSJ, mengutip sumber yang tidak ingin disebut namanya, melaporkan pihak manajemen Boeing melihat pemangkasan produksi sebagai opsi yang layak. (em/pp)

XS
SM
MD
LG