Tautan-tautan Akses

BNPB: Presiden Izinkan Bantuan Asing Untuk Palu-Donggala


Seorang penyintas bencana gempa bumi berusaha menyelamatkan barang-barang yang masih bisa dipakai di sebuah masjid yang roboh di Palu, Sulawesi Tengah, 1 Oktober 2018.

Presiden Joko Widodo menyatakan menerima bantuan internasional untuk mengatasi dampak gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, demikian cuitan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Twitter Senin (1/10) pagi.

“Saya baru saja japri dengan Bu Menlu di NY (New York). Beliau mengatakan, Presiden telah menyatakan menerima bantuan internasional sesuai kebutuhan kita. Artinya kita "welcome" dengan tawaran internasional. Menko Polhukam akan mengatur. BNPB dan Kemenlu sedang mempersiapkan mekanismenya,” cuit Sutopo.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM Tom Lembong di Twitter.

“Semalam Presiden Jokowi sudah memberi wewenang kepada kami untuk menerima bantuan internasional bagi upaya mengatasi bencana. Saya membantu mengkoordinasikan bantuan dari sektor swasta, dari seluruh belahan dunia,” cuitnya.

Upaya VOA untuk mendapatkan keterangan resmi dari presiden belum membuahkan hasil.

Namun Sutopo Purwo Nugroho mengatakan akan memberi rincian tentang informasi soal diizinkannya bantuan asing masuk ke Palu dan Donggala ini dalam konferensi pers Senin siang. [em]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG