Tautan-tautan Akses

BMW Berencana Dirikan Pabrik Mobil Mini di China


Mobil BMW i3, mobil bertenaga listrik pertama produksi BMW, dalam penampilan perdana saat peluncurannya di Beijing, China, 29 Juli 2013. (Foto: dok).

Pembuat mobil Jerman BMW menyatakan sedang membahas pembangunan pabrik mobil mini bertenaga listrik di China. Ini akan menjadi yang pertama kali mobil ikonik Jerman dibuat di luar Eropa.

Dalam sebuah pernyataan hari Jumat (23/2), BMW menyatakan pihaknya telah menandatangani letter of intent (pernyataan niat bekerja sama) dengan produsen China, Great Wall Motor.

China adalah pasar mobil terbesar di dunia. Tahun lalu BMW mengirim 560.000 kendaraan ke pelanggannya di negara itu, termasuk di antaranya 35.000 mobil Mini.

Baca juga: BMW Cari Mitra untuk Kembangkan Mobil Listrik Kecil

BMW sudah bekerja sama dengan produsen lokal Brilliance di China. Perusahaan tersebut menyatakan pabrik utama mobil Mini di Oxford, Inggris, akan mulai memproduksi model bertenaga listrik pertama tahun depan.

Menurut BMW pembuatan mobil Mini di China tidak akan meragukan komitmennya terhadap manufaktur di Inggris, dengan menyebutkan “sejumlah investasi signifikan” yang telah dibuatnya di negara tersebut. [mg/lt]

XS
SM
MD
LG