Tautan-tautan Akses

AS

Blinken: China Jadi Tantangan bagi Sistem Internasional


Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken mengatakan China adalah "satu-satunya negara dengan kekuatan ekonomi, diplomatik, militer, dan teknologi yang secara serius menantang sistem internasional yang stabil dan terbuka."

Pernyataan itu disampaikan Blinken, Rabu (3/3), dalam pidato di Departemen Luar Negeri di Washington di mana ia membeberkan agenda kebijakan luar negeri pemerintahan Biden, dengan delapan prioritas.

"Hubungan kita dengan China bila perlu akan kompetitif, kolaboratif kalau bisa, dan bermusuhan bila harus," ujar Blinken.

"Faktor yang umum adalah perlunya terlibat dengan China dari posisi kekuatan. Itu membutuhkan kerja sama dengan sekutu dan mitra, bukan malah mengecam mereka. Dengan begitu, kekuatan gabungan kita akan jauh lebih sulit untuk diabaikan oleh China."

Pemerintahan Biden ingin beralih dari pendekatan "America First" yang diusung Donald Trump dengan terlibat kembali dengan sekutu dan berpusat pada diplomasi multilateral. Blinken mengatakan "panduan strategis sementara" mengenai keamanan nasional dan kebijakan luar negeri Amerika, yang diumumkan Biden Rabu sore, menunjukkan kesediaan Amerika mengatasi tantangan, termasuk memerangi serangan teknologi, kebijakan baru imigrasi, dan perubahan iklim.[ka/jm]

XS
SM
MD
LG