Tautan-tautan Akses

Bionics Pets Ciptakan Prostetik bagi Hewan Peliharaan


Seekor sapi mengenakan prostetik untuk memudahkannya berjalan. (Foto: videograb)

Anggota tubuh buatan tidak saja untuk manusia. Di dekat kota Washington, seorang orthotist yang sebelumnya membuat prostetik bagi manusia, kini menolong hewan penyandang disabilitas di seluruh dunia. Reporter VOA Deborah Block mengunjungi sebuah ruang kerja yang memproduksi prostetik yang dapat meningkatkan kualitas hidup hewan-hewan tersebut.

Di sebuah ruang kerja yang dilengkapi dengan perangkat canggih, berbagai alat penopang dan prostetik bagi hewan, kebanyakan bagi anjing peliharaan, dibuat. Derrick Campana, pendiri Bionic Pets menganggap produk buatannya sebagai suatu hasil seni.

Derrick Campana, di bengkel kerja prostetik "Bionic Pets". (Video grab)
Derrick Campana, di bengkel kerja prostetik "Bionic Pets". (Video grab)

Derrick mengatakan, "Saya membuat setiap perangkat itu dengan tangan, awalnya dengan bahan plester, dan membentuknya dengan plastik dan busa. Dan ini merupakan sebuah seni dalam setiap langkah pembuatannya."

Derrick menggunakan perkakas masak yang tidak biasanya untuk menciptakan ‘karya seni” nya itu. "Saya telah menggunakan oven pizza ini selama 16 tahun untuk membuat sebanyak 30 ribu alat buatan bagi bermacam-macam hewan. Kami menggunakan oven itu untuk memanaskan plastik dan mengubah warnanya," jelasnya.

Beberapa hewan kehilangan anggota tubuhnya akibat cedera atau mengalami cacat bawaan sejak lahir.

Bionic Pets yang terletak di Sterling, Virginia merupakan satu dari 10 perusahaan di dunia yang membuat perangkat ortotik khusus bagi hewan.

Derrick menambahkan, "Kami berhasil membuat alat penopang kaki unta pertama di dunia. Setiap hari saya mendapat permintaan baru dan tantangan baru."

Seekor gajah mengenakan kaki prostetik untuk menopang badannya agar dapat berjalan normal. (Foto: videograb)
Seekor gajah mengenakan kaki prostetik untuk menopang badannya agar dapat berjalan normal. (Foto: videograb)

Alat penopang itu sudah disesuaikan bagi berbagai jenis hewan peliharaan. Dalam salah satu proyek terbesarnya, Campana pergi ke Afrika untuk mengepaskan alat penopang kaki gajah.

"Jabu, seekor gajah Afrika dari Botswana, terperosok ke lubang dan pergelangan kakinya terkilir parah. Jadi saya dapat membuat alat penopang bagi kakinya, sehingga dia tidak dapat diserang dan dapat bepergian ke mana saja." jelasnya.

Derrick dapat menolong kebanyakan hewan di berbagai penjuru dunia karena dia mengirim peralatan ke pelanggan untuk membuat cetakan anggota badan hewan yang cacat. Cetakan itu dikirim kembali ke perusahaan Bionics Pets untuk dibuatkan prostetik khusus.

Prostetik untuk anjing. (Videograb)
Prostetik untuk anjing. (Videograb)

Anjing milik Lisa Bogin dipasangi alat penopang sejak kakinya tidak dapat disembuhkan melalui operasi.

Lisa mengatakan, "Ia tidak akan menjadi anjing normal lagi dan harus mengenakan alat penopang."

Selain itu, Derrick juga membuatkan alat bantu bagi anjing milik Lissi Lackas yang mengalami cedera pada ligamen lututnya. [lj/lt]

XS
SM
MD
LG