Tautan-tautan Akses

Biden Umumkan Maju dalam Pemilihan Presiden 2020


Mantan Wapres AS, Joe Biden, di Boston, 18 April 2019. (Foto: dok).
Mantan Wapres AS, Joe Biden, di Boston, 18 April 2019. (Foto: dok).

Mantan wakil presiden Amerika Joe Biden telah mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri untuk dinominasikan sebagai calon presiden partai Demokrat tahun 2020. Ini segera melejitkannya ke posisi puncak di tengah-tengah banyaknya pesaing di partai Demokrat yang ingin menantang Presiden Donald Trump dalam pemilihan mendatang.

Senator kawakan dari Delaware yang menjadi wakil presiden dalam dua masa jabatan pada pemerintahan Obama itu telah menyaingi Senator Vermont Bernie Sanders dan para kandidat calon presiden lainnya dari partai Demokrat dalam berbagai jajak pendapat belakangan ini, meskipun belum jelas apakah ia mampu menandingi kemampuan mereka dalam menggalang dana. Pengalamannya dalam bidang hubungan luar negeri, hukum dan kebijakan dalam negeri tidak tertandingi para kandidat calon presiden lainnya.

Dalam pesan yang dirilis Kamis pagi, Biden menyatakan nilai-nilai inti Amerika Serikat dan posisinya di dunia sedang dipertaruhkan.

Biden terjun dalam politik nasional hampir sepanjang kariernya. Setelah menang pertama kali dalam perebutan kursi Senat tahun 1972, ia bekerja selama 36 tahun sebagai Senator. Ia kemudian menjabat wakil presiden Barack Obama selama delapan tahun.

Ia telah dua kali mencalonkan diri sebagai presiden, mencalonkan diri pada tahun 1998 dan 2008, tetapi gagal mendapat cukup banyak dukungan ketika itu. [uh]

XS
SM
MD
LG