Tautan-tautan Akses

AS

Biden Umumkan Kesepakatan dengan Kongres AS soal Pendanaan Infrastruktur


Presiden AS Joe Biden mengumumkan kesepakatan atas rencana infrastruktur Kamis (24/6).

Presiden AS Joe Biden hari Kamis (24/6) mengumumkan bahwa “kami telah mencapai kesepakatan” secara bipartisan atas rencana infrastruktur bernilai 953 miliar dolar yang akan mencapai prioritas legislatif utamanya dan membuktikan keberhasilan upayanya mengajak pihak oposisi untuk bekerjasama.

Setelah tercapainya kesepakatan di Gedung Putih itu, Biden secara mengejutkan tampil di hadapan kamera bersama sejumlah senator Partai Republik dan Demokrat.

Rincian kesepakatan itu belum diketahui, tetapi rencana awal telah diperkecil di mana nilai pengeluaran baru 'hanya' mencapai 559 miliar dolar. Dukungan bipartisan merupakan hal yang langka dan hal ini dapat membuka pintu bagi proposal lain presiden yang bernilai empat triliun dolar di kemudian hari.

“Ini mengingatkan saya pada hari-hari ketika kita bisa menyelesaikan banyak hal di Kongres Amerika,” ujar Biden, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai senator negara bagian Delaware, sambil meletakkan tangannya di bahu senator faksi Republik Rob Portman.

Presiden mengatakan tidak semua orang mendapatkan apa yang mereka inginkan dan prioritas Gedung Putih lainnya akan ditangani secara terpisah dalam proses anggaran Kongres yang dikenal sebagai rekonsiliasi.

“Kita telah mencapai kesepakatan,” cuit Biden. “Sekelompok senator – lima dari faksi Demokrat dan lima dari faksi Republik – telah berkumpul dan membuat kesepakatan infrastruktur yang akan menciptakan jutaan lapangan kerja di Amerika.” [em/jm]


XS
SM
MD
LG