Tautan-tautan Akses

Biden Ucapkan Selamat atas Kemenangan Marcos dalam Pemilu Filipina


Presiden AS Biden di Gedung Putih di Washington. (Foto: Reuters)
Presiden AS Biden di Gedung Putih di Washington. (Foto: Reuters)

Presiden AS Joe Biden menyampaikan ucapan selamat kepada Ferdinand Marcos Jr. atas kemenangannya dalam pemilihan presiden di Filipina.

Gedung Putih pada Rabu (11/5) menyatakan Biden menelepon untuk mengucapkan selamat kepada Ferdinand Marcos Jr. karena menang dalam pemilihan presiden di Filipina.

Marcos, yang sehari-hari dikenal sebagai “Bongbong,” mengklaim kemenangan pada Rabu (11/5) sewaktu penghitungan awal suara yang hampir tuntas menunjukkan ia unggul jauh dari penantang terdekatnya.

“Presiden Biden menggarisbawahi bahwa ia berharap dapat bekerja sama dengan presiden terpilih untuk terus memperkuat aliansi AS-Filipina, sambil meluaskan kerja sama bilateral pada berbagai masalah, termasuk perang melawan COVID-19, mengatasi krisis iklim, memajukan pertumbuhan ekonomi yang luas, dan penghormatan terhadap HAM,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Ayah Marcos, Ferdinand, memerintah negara itu dari 1965 hingga 1986, dan berkuasa dengan menerapkan hukum darurat militer selama hampir satu dekade. Marcos senior dipaksa mengasingkan diri pada akhir kekuasaannya dalam sebuah revolusi “Kekuatan Rakyat.” [uh/ab]

XS
SM
MD
LG