Tautan-tautan Akses

Biden Semakin Dekat Mengumumkan Pencalonan Diri untuk Pemilu 2024


Presiden AS Joe Biden berjalan meninggalkan Gedung Putih selepas berbicara dengan para wartawan di Washington, pada 24 Februari 2023. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)
Presiden AS Joe Biden berjalan meninggalkan Gedung Putih selepas berbicara dengan para wartawan di Washington, pada 24 Februari 2023. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Kamis (2/3), semakin dekat untuk mengumumkan pencalonan dirinya untuk masa jabatan kedua pada pemilu 2024. Tetapi, ia tidak menetapkan tanggal pengumuman untuk pencalonannya itu.

Ditanya dalam percakapan singkat dengan wartawan tentang kapan ia akan mengumumkan pencalonannya, Biden menggoda sambil tersenyum: "Ketika saya mengumumkannya."

Sang presiden berbicara dari lorong gedung Kongres AS, di mana ia bertemu para senator dari Partai Demokrat. Biden dan tim telah menegaskan bahwa, kecuali ada kejutan besar, pertanyaannya bukan lagi apakah ia akan mencalonkan diri lagi, tetapi kapan ia akan mengumumkan pencalonannya.

Berdasarkan sejarah, pengumuman Biden mungkin dilakukan bulan depan. Barack Obama dan Bill Clinton mengumumkan maju ke pemilihan untuk masa jabatan kedua pada April, sedangkan George W. Bush pada bulan Mei.

Biden, 80, juga kemungkinan mempertimbangkan fakta bahwa sebagian besar presiden Amerika Serikat mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. Dan, umumnya mereka berhasil. Namun usianya yang lanjut, tetap menjadi salah satu kekhawatiran besar di kalangan para pemilih.

Biden, yang menurut pemeriksaan medis terakhir dalam keadaan sehat, sejauh ini adalah presiden tertua di AS. Jika terpilih lagi, ia akan meninggalkan Gedung Putih pada usia 86 tahun. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG