Tautan-tautan Akses

Biden: Putin akan Bayar Mahal atas Invasi Rusia


Presiden Joe Biden mengecam invasi Rusia ke Ukraina, dalam pidato kenegaraan hari Selasa malam (1/3).
Presiden Joe Biden mengecam invasi Rusia ke Ukraina, dalam pidato kenegaraan hari Selasa malam (1/3).

Presiden Joe Biden berjanji Selasa (1/3) malam bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan membayar “harga tinggi” atas invasinya minggu lalu ke Ukraina.

Berbicara pada pidato kenegaraan pertamanya kepada rakyat Amerika, Biden menegaskan kembali bahwa AS “tidak akan terlibat dalam konflik dengan pasukan Rusia di Ukraina.”

Presiden mengatakan pasukan Amerika tidak pergi ke Eropa untuk berperang, “tetapi untuk membela sekutu NATO jika Putin memutuskan untuk terus bergerak ke Barat.”

Biden mengeluarkan peringatan langsung kepada Putin. Presiden mengatakan walaupun Putin mungkin “mendapatkan keuntungan di medan perang, dia akan membayar harga tinggi yang berkelanjutan dalam jangka panjang.”

Biden memulai pidatonya selama satu jam yang berfokus pada perang baru di Eropa, yang merupakan pertempuran antara otokrasi dan demokrasi.

“Meskipun sesuatu yang begitu mengerikan bagi orang-orang di seluruh dunia seharusnya tidak perlu terjadi, sekarang semua orang melihatnya dengan jelas.” katanya.

Alih-alih peringatan yang sering dilontarkannya mengenai gerakan kediktatoran yang meluas, Biden mengatakan bahwa “demokrasi sedang bangkit saat ini, dan dunia jelas memilih sisi perdamaian dan keamanan.” [lt/jm]

XS
SM
MD
LG