Tautan-tautan Akses

Biden Menjamu Raja Yordania di Tengah Ketegangan di Timur Tengah


Raja Yordania Abdullah II (kiri) bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di Gedung Capitol, Kamis 2 Februari 2023.
Raja Yordania Abdullah II (kiri) bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di Gedung Capitol, Kamis 2 Februari 2023.

Presiden AS Joe Biden menjamu Raja Abdullah II dari Yordania hari Kamis, di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina. Pertemuan di Gedung Putih antar dua pemimpin itu adalah yang kedua dalam waktu kurang dari setahun dan yang ketiga sejak Biden menjabat.

Presiden berterima kasih kepada Abdullah atas “peran penting Yordania dalam meredakan ketegangan di Yerusalem dan menggarisbawahi perlunya mempertahankan status quo bersejarah (atau pengaturan/penataan yang sudah berlangsung lama) di Haram al-Sharif atau Temple Mount,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih.

Berdasarkan perjanjian damai tahun 1994 dengan Israel, Yordania diakui sebagai penjaga Temple Mount, yang juga dikenal sebagai kompleks Masjid al-Ḥaram al-Sharīf al-Aqsa, tempat paling kontroversial di Yerusalem yang dihormati oleh orang Yahudi dan Muslim.

Pertemuan Biden dan Abdullah itu terjadi setelah beberapa kekerasan terburuk di Timur Tengah dalam beberapa tahun, di mana setidaknya 35 orang Palestina tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, tujuh warga sipil Israel ditembak mati oleh seorang Palestina, penyerang di luar sinagoga di pinggiran Yerusalem, hari Jumat (24/1) lalu. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG