Tautan-tautan Akses

AS

Biden Hadapi Ujian Berat di South Carolina, Sanders Masih Unggul


Kandidat capres Partai Demokrat, mantan presiden Joe Biden dalam acara dengan pendukungnya, Vivica A. Fox, di Conway, South Carolina, 27 Februari 2020. (Foto: Reuters)

Para pemilih di negara bagian South Carolina, AS memberikan suara mereka, Sabtu (29/2), dalam pemilihan pendahuluan partai Demokrat, menjelang Super Tuesday pada Selasa (3/3). Pada Super Tuesday, 14 negara bagian akan mengadakan pemilihan pendahuluan secara bersamaan.

Pemilihan di South Carolina memberikan peluang bagi sebagian kandidat untuk memperlamban laju Senator Vermont Bernie Sanders yang unggul dalam kontes mencari nominasi partai untuk bersaing dengan Presiden Donald Trump dalam pilpres November.

Mantan wakil presiden Joe Biden, yang kalah dalam tiga pemilihan pendahuluan dan kaukus pertama, sangat membutuhkan kemenangan demi mempertahankan kampanyenya. Biden kesulitan untuk menggalang dana dan memicu antusiasme di kalangan anggota Partai Demokrat.

Jajak pendapat di tempat pemungutan suara (exit poll) oleh Edison Research, yang dilakukan sebelum pemungutan suara ditutup pada Sabtu (29/2), memperlihatkan bahwa hampir delapan dari 10 pemilih di South Carolina memiliki pandangan positif terhadap Biden. Ini adalah indikator awal yang baik bagi peluangnya di negara bagian itu.

Biden unggul 10 poin dari Sanders dalam jajak pendapat RealClearPolitics, tetapi Tom Steyer, seorang miliarder dan dermawan yang telah mencurahkan banyak waktu dan uang untuk berkampanye di South Carolina, kelihatannya bersaing ketat dengan Biden.

Pemilih South Carolina memilih satu dari sejumlah kandidat. Tokoh lain yang juga memperebutkan nominasi adalah mantan wali kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg, anggota Kongres Tulsi Gabbard, serta Senator Amy Klobuchar dan Senator Elizabeth Warren.

Mantan wali kota New York Mike Bloomberg memilih absen dari pemilihan di South Carolina. Sebelumnya dia juga absen dari tiga negara bagian pertama. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG