Tautan-tautan Akses

AS

Biden Menang di Florida, Illnois, Meski Wabah Corona Ganggu Pemungutan Suara


Mantan wakil presiden Joe Biden dalam pemilu pendahuluan calon presiden yang diusung Partai Demokrat di Studio CNN, di Washington, 15 Maret 2020.

Mantan wakil presiden Joe Biden memenangkan pemilihan pendahuluan di Florida dan Illinios pada Selasa (17/3), yang memberinya lonjakan besar sementara ia melaju menuju pencalonan presiden dari Partai Demokrat.

Pemilu pendahuluan Demokrat berlangsung ketika AS dicekam oleh kekhawatiran tentang virus corona baru.

Kemenangan Biden merupakan pukulan lainnya bagi Senator Vermont Bernie Sanders. Kekuatan Sanders pada awal-awal lenyap ketika warga Amerika keturunan Afrika dan warga kelas pekerja kulit putih di seluruh negeri berpihak pada Biden.

Namun pemilihan pendahuluan, Selasa (17/3), menunjukkan ketidakpastian luar biasa yang dihadapi persaingan Partai Demokrat ketika berbenturan dengan upaya memperlambat penyebaran virus yang telah menutup sebagian besar kehidupan Amerika.

Tempat-tempat pemungutan suara (TPS) ditutup di Ohio bahkan ketika pemungutan suara berlangsung di Florida, Illinois dan Arizona, di mana beberapa pemilih dan pejabat pemilu melaporkan adanya masalah.

Pemilihan ini menandai minggu ketiga berturut-turut Biden menumpuk kemenangan setelah kemenangannya di South Carolina bulan lalu yang menghidupkan kembali kampanye yang sebelumnya lesu. Sejak itu, sebagian besar tokoh partainya mendukungnya sebagai pilihan terbaik untuk menggeser Presiden Donald Trump pada November.

Trump meraih nominasi presiden dari Partai Republik pada Selasa (17/3) setelah kemenangan utama di Florida dan Illinois, perkembangan yang sudah diharapkan sebelumnya mengingat ia tidak memiliki pesaing penting. [my/pp]

XS
SM
MD
LG