Tautan-tautan Akses

Biden Desak Kongres Kembali Fokus pada Paket Bantuan


Presiden Joe Biden menaiki pesawat kepresidenan Air Force One di Bandara Hagerstown, setelah menghabiskan akhir pekan di Camp David, Senin, 15 Februari 2021. (Foto: AP)
Presiden Joe Biden menaiki pesawat kepresidenan Air Force One di Bandara Hagerstown, setelah menghabiskan akhir pekan di Camp David, Senin, 15 Februari 2021. (Foto: AP)

Presiden Amerika Joe Biden berusaha mendesak fraksi Republik agar mendukung paket bantuan besar-besaran yang menurut pejabat Gedung Putih sudah mendapat dukungan luas dari publik.

Dorongan publik yang meningkat itu datang sementara DPR diperkirakan akan memberikan suara minggu depan.

Ketua fraksi Republik yang minoritas di Senat Mitch McConnell, Senin (15/2), mengatakan kepada harian The Wall Street Journal bahwa paket bantuan yang terlalu besar bisa merugikan Biden secara politik dalam jangka panjang.

“Itu akan membantu mempersatukan partai kami,” kata McConnell.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang komentar McConnell, Biden mengatakan, "Itu mungkin menyatukan Partai Republik, tetapi akan sangat merugikan rakyat Amerika."

Biden kini berada di Wisconsin. Ia melakukan perjalanan ke negara bagian itu sementara tingkat penularan virus corona dan kematian akibat COVID-19 menurun setelah dua bulan paling mematikan sejauh ini akibat pandemi.

Gedung Putih juga melaporkan peningkatan vaksinasi di seluruh Amerika setelah awalnya program itu berjalan lambat. Namun, Biden telah menekankan bahwa jalan masih panjang untuk mengatasi pandemi karena ribuan orang meninggal setiap hari dalam krisis kesehatan masyarakat terburuk dalam 100 tahun. Virus itu telah membunuh lebih dari 487 ribu. Munculnya varian baru mempersulit upaya mengatasinya.

Selain ke Milwaukee, Biden, Kamis (18/2), akan ke Michigan untuk mengunjungi fasilitas pembuatan vaksin, Pfizer. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG