Tautan-tautan Akses

AS

Biden Akan Survei Kerusakan Akibat Badai Ida di Louisiana


Presiden AS Joe Biden mendengarkan pengarahan virtual tentang Badai Ida dari kampus Gedung Putih 30 Agustus 2021, di Washington. (Foto: AFP

Gedung Putih, Rabu (1/9), mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Louisiana, Jumat (3/9), untuk menyurvei dampak Badai Ida dan berbicara dengan pemimpin lokal dan negara bagian. Biden juga akan menyampaikan pidato pada Kamis (2/9) yang menguraikan tanggapan pemerintahannya terhadap badai tersebut.

Ida adalah badai paling kuat kelima yang menyerang Amerika ketika menghantam Louisiana pada Minggu (30/8) dengan kecepatan angin maksimum 240 km per jam. Kerugian diperkirakan puluhan miliar dolar akibat banjir, angin, dan kerusakan lain, termasuk jaringan listrik.

Lebih dari 1 juta rumah dan bisnis di Louisiana dan Mississippi tanpa listrik setelah Ida merobohkan menara transmisi utama dan memutus ribuan kilometer kabel listrik dan merusak ratusan gardu. New Orleans sempat gelap total. Listrik kembali hidup di kota itu pada Rabu (1/9).

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden "sama sekali tidak akan" mengunjungi Louisiana jika kehadirannya akan mengurangi upaya bantuan.

Gubernur Louisiana John Bel Edwards menyatakan kunjungan itu penting supaya presiden memahami kehancuran di sana dengan melihat langsung kerusakan yang luas. [ka/ah]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG