Tautan-tautan Akses

Bhiksu Budha di Sri Lanka Usir Rohingya dari Rumah Perlindungan


Kaum Muslim Rohinga, yang menyebrang dari Myanmar ke Bangladesh, memukul pengungsi lainnya saat perkelahian pecah saat pembagian bantuan dekat kamp pengungsi Balukhali, Bangladesh, Senin, 25 September 2017 (foto: AP Photo/Dar Yasin)

Bhiksu-bhiksu Budha di Sri Lanka telah menyerang sebuah rumah perlindungan untuk pengungsi Rohingya dan memaksa pejabat PBB untuk memindahkan kelompok itu, demikian kata pejabat Selasa.

Ke 31 pengungsi itu tinggal di sebuah pusat penahanan di luar Kolombo, dimana mereka ditempatkan setelah ditemukan di sebuah kapal yang terkatung-katung di lepas pesisir Sri Lanka tahun ini. Mereka melarikan diri dari Myanmar.

Salah satu bhiksu yang ikut dalam serangan terdengar dalam rekaman video mengatakan, “Ini adalah teroris Rohingya yang membunuh bhiksu Budha di Myanmar.”

Sebelumnya, kelompok HAM Human Rights Watch menuduh militer Myanmar melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan ketika ratusan ribu warga Muslim Rohingya terpaksa melarikan diri dari kekerasan di Rakhine.

“Fihak militer Birma dengan kejam mengusir Rohingya dari Rakhine,” kata James Ross, direktur hukum dan kebijakan di Human Rights Watch. “Pembantaian penduduk desa dan pembakaran menyebabkan orang harus meninggalkan tempat tinggal mereka dan ini merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.” [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG