Tautan-tautan Akses

Bertemu Raja Salman, Jokowi Apresiasi Tambahan Kuota Haji


Presiden Joko Widodo Minggu sore (14/4) bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Riyadh, dalam perjalanan untuk menunaikan ibadah umrah. (Foto: Biro Setpres RI)
Presiden Joko Widodo Minggu sore (14/4) bertemu Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Riyadh, dalam perjalanan untuk menunaikan ibadah umrah. (Foto: Biro Setpres RI)

Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud atas tambahan kuota haji hingga 10.000 orang bagi jemaah haji Indonesia. Hal ini disampaikan dalam pertemuan Minggu sore (14/4) di Al Qasr Al Khas, yang merupakan istana pribadi raja.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut mendampingi pertemuan itu mengatakan Presiden Joko Widodo dan Raja Salman juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, terutama energi dan pariwisata.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” tambah Retno dalam pernyataan pers yang diterima VOA beberapa saat lalu. “Dari pembicaraan tadi, tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara.”

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tiba di Arab Saudi Minggu dini hari waktu Indonesia (14/4) untuk menunaikan ibadah umrah. Gubernur Riyadh Pangeran Faisal bin Bandar Al Saud menyambut langsung kehadiran presiden di bandara internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, sekitar jam 8.50 pagi.

Selain santap siang dan melakukan pertemuan bersama Raja Salman, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan melakukan pertemuan terpisah dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman. Dilanjutkan dengan perjalan ke Jeddah Senin malam (15/4) dan terus ke Mekkah untuk menunaikan ibadah umrah.

Lewat Instagram, Jokowi memohon doa dari seluruh rakyat agar perjalanan dan ibadahnya dimudahkan. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG