Tautan-tautan Akses

Bertempur Bersama Pasukan AS, Perwira Afghanistan Diselamatkan dari Kabul


Mohammad Khalid Wardak terlihat di Afghanistan pada 18 Agustus 2021, setelah militer AS dan sekutunya menyelamatkan dia dan keluarganya. (Foto: AP)

Militer Amerika dan sekutu-sekutunya telah menyelamatkan seorang perwira polisi nasional Afghanistan yang jadi buronan Taliban karena bekerja sama dengan militer Amerika.

Mohammad Khalid Wardak dan keluarganya berhasil diterbangkan pada Rabu (18/8) ke tempat yang aman, tetapi dirahasiakan. Perwira itu bersembunyi bersama istri dan ke empat anaknya di Kabul, pindah dari satu tempat ke tempat lainnya, serta tidak berhasil mencapai bandara karena Taliban menjaga semua pintu masuknya.

Dia terkenal karena jabatannya sebagai kepala polisi Afghanistan di Provinsi Helmand dan sering kali muncul di televisi dimana dia menantang Taliban untuk bertempur.

Perwira Pasukan Khusus AS Ryan Brummond, tengah, duduk di sebelah Mohammad Khalid Wardak, kanan, di Afghanistan. (Foto: AP/Ryan Brummond)
Perwira Pasukan Khusus AS Ryan Brummond, tengah, duduk di sebelah Mohammad Khalid Wardak, kanan, di Afghanistan. (Foto: AP/Ryan Brummond)

Dia bersembunyi bersama keluarganya di Kabul dan terus berpindah-pindah sementara mereka berusaha dan gagal beberapa kali untuk mencapai titik pertemuan dimana mereka bisa diselamatkan.

Paling sedikit mereka melakukan empat kali percobaan menuju ke bandara selama beberapa hari, dan akhirnya keluarga itu berhasil diterbangkan dengan helikopter, Rabu (18/8), dalam sebuah operasi penyelamatan yang dramatis yang disebut “Operation Promise Kept” dan dilakukan di malam hari oleh militer dan sekutu Amerika, demikian kata Robert McCreary, mantan staf kongres dan pejabat Gedung Putih di bawah Presiden George W Bush yang bekerja dengan pasukan khusus Amerika di Afghanistan.

Penyelamatan Khalid datang setelah ada usaha oleh pendukungnya di dalam militer Amerika, yang mengatakan, dia adalah rekan seperjuangan mereka yang menyelamatkan banyak nyawa dan menghadapi kematian apabila tertangkap oleh Taliban. Mereka meminta bantuan dari anggota Kongres dan Departemen Pertahanan serta Departemen Luar Negeri Amerika. [jm/em]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG