Tautan-tautan Akses

Berlian Hitam Langka yang Diyakini Berasal dari Antariksa Dipamerkan di Dubai


The enigma, berlian hitam 555,55 karat yang langka dipamerkan kepada sejumlah jurnalis di Dubai, Senin (17/1), sebelum dilelang pada bulan Februari di London. (AP/Kamran Jebreili)

Sebuah berlian hitam 555,55 karat yang langka dan diyakini berasal dari antariksa, dipamerkan di rumah lelang Sotheby di Dubai beberapa waktu lalu.

Rumah lelang Sotheby memamerkan sebuah berlian langka yang bukan berasal dari planet Bumi. Rumah lelang tersebut menyebut berlian hitam 555,55 karat yang diyakini berasal dari antariksa itu sebagai “The Enigma”.

Berlian langka itu dipamerkan Senin (17/1) kepada sejumlah jurnalis sebagai bagian dari tur kelilingnya di Dubai dan Los Angeles sebelum dilelang pada bulan Februari di London.

Rumah lelang Sotheby memperkirakan berlian itu akan terjual setidaknya 6,8 juta dolar. Mereka berencana untuk menerima mata uang kripto sebagai alat pembayaran.

Berlian Hitam Langka yang Diyakini Berasal dari Antariksa akan Dilelang Bulan Februari 2022
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:39 0:00

Sophie Stevens, ahli perhiasan di rumah lelang Sotheby di Dubai mengatakan kepada Associated Press bahwa angka lima memiliki arti penting bagi berlian, yang juga memiliki 55 segi.

"Bentuk berlian yang memiliki 55 segi ini didasarkan pada simbol berbentuk telapak tangan di Timur Tengah, Khamsa, yang berarti kekuatan dan perlindungan. Jadi ada tema angka lima di seluruh berlian itu," jelasnya.

Seorang karyawan Sotheby's Dubai memperlihatkan Berlian Hitam "The Enigma" 555,55 Karat untuk dilelang di galeri Sotheby's Dubai, Uni Emirat Arab, Senin, 17 Januari 2022. (AP/Kamran Jebreili)
Seorang karyawan Sotheby's Dubai memperlihatkan Berlian Hitam "The Enigma" 555,55 Karat untuk dilelang di galeri Sotheby's Dubai, Uni Emirat Arab, Senin, 17 Januari 2022. (AP/Kamran Jebreili)

Stevens menambahkan, berlian hitam itu kemungkinan besar berasal dari luar angkasa. "Kami meyakini bahwa berlian carbonado terbentuk di luar angkasa, dengan meteorit yang bertabrakan dengan planet Bumi, yang kemudian membentuk susunan uap kimia atau berasal dari meteorit itu sendiri," imbuhnya.

Berlian hitam yang dikenal sebagai carbonado itu adalah permata yang sangat langka. Batu berharga itu hanya ditemukan secara alami di Brazil dan Afrika Tengah.

Teori asal usul berlian luar angkasa ini didasarkan pada isotop karbon dan tingginya hidrogen yang dikandungnya. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG